DANAU POSO DAN POTENSI KELISTRIKAN

Salah satu danau yang letaknya di propinsi Sulawesi Tengah  adalah danau poso.  Danau poso yang berada di kota Tentena merupakan danau ketiga terbesar di Indonesia, membentang dari utara ke selatan sepanjang 32 km, lebar 16 km dengan kedalaman sampai 510 m.  Danau poso berada pada ketinggian rata-rata 501 mdpl dengan luasan kurang lebih 32.000 ha.  Kondisi air danau poso dari tahun ke tahun sangat jernih meskipun dalam kondisi kemarau.  Sungai yang mengalir dari danau poso yakni sungai poso membentang membelah pegunungan poso dengan panjang kurang lebih 200 km.  Dengan rata-rata ketinggiannya 350 mdpl dengan debit rata-rata tahunan adalah 148,2 m3/dtk, maka sungai poso menjadi sangat potensial untuk menggerakkan turbin yang bisa menghasilkan energi listrik.

Besarnya potensi pemanfaatan sumber daya air di Indonesia mendorong berbagai macam bentuk pemanfaatan dengan ide-ide yang kreatif mengikuti perkembangan teknologi.  Sungai sebagai salah satu sumberdaya air yang sangat berpotensi sebagai pembangkit tenaga listrik, menjadi alternatif terkini yang dianggap lebih dapat dikembangkan untuk mengimbangi kebutuhan listrik yang semakin meningkat sepanjang tahun.

Di Indonesia tidak banyak pengusaha yang memiliki pandangan untuk mengembangkan potensi sumber daya air tersebut sebagai sumber energi listrik.  Salah satu pengusaha sekaligus penggagas untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di sungai poso adalah Achmad Kalla.  Pilihan lokasi pembangunan yang memanfaatkan sungai poso merupakan bagian dari visi dan misi Kalla Group yang pada dasarnya lahir di Sulawesi untuk mengembangkan kawasan timur Indonesia.

Kalla Group kemudian merintis pembangunan PLTA Poso di bawah payung PT. Poso Energi, demi memenuhi kebutuhan energi listrik di Sulawesi. Dengan adanya bendungan (reservoir) alami untuk sungai poso yakni danau poso, maka akan sangat besar potensi energi listrik yang bisa dihasilkan.    Rencana pembangunan PLTA Poso selanjutnya di bagi dalam 3 tahap yaitu PLTA Poso-1 (2×30 MW); PLTA Poso-2 (3×65 MW); dan PLTA Poso-3 (4×80 MW).  Total daya yang dibangkitkan dengan sumber energi sungai poso adalah kurang lebih 575 MW.  Pembangunan saat ini yang sedang berlangsung adalah pembangunan PLTA Poso-2 (3×65 MW).  Di samping PLTA, PT. Poso Energi juga memanfaatkan sungai poso untuk membangun pembangkit listrik dengan daya yang lebih kecil (PLTM) demi menundukung kegiatan konstruksi dan operasional karyawan yang menetap di perumahan.  Masing-masing PLTM tersebut adalah PLTM Poso-5 (2×400 kW) dan PLTM Poso-6 (1×1.000 kW).  Kedua PLTM tersebut sejak bulan Juni 2010 telah terkoneksi dengan jaringan 20 kV milik PLN, sehingga masyarakat di sekitar lokasi proyek PLTA Poso tidak lagi mengalami pemadaman bergilir.

Kebutuhan listrik untuk wilayah Sulawesi yang terus meningkat rata-rata 20% setiap tahunnya, menjadi alasan keberadaan PT. Poso Energi di Sulawesi, khususnya di Sulawesi Tengah.  Dari data PLN diketahui bahwa sampai tahun 2015, kebutuhan listrik untuk Propinsi Sulawesi Tengah mencapai 205,35 MW, sementara daya terpasang saat ini adalah 103.172 kW.  Keberadaan PT. Poso Energi dan ketersediaan sumberdaya air di danau poso diharapkan mampu mengatasi krisis listrik.  Pembangunan tahap pertama yaitu PLTA Poso-2 (3×65 MW) direncanakan selesai pada tahun 2012, kemudian PLTA Poso-1 (2×30 MW) tahun 2014, lalu PLTA Poso-3 (4×80 MW) di rencanakan selesai pada tahun 2017.

Saat ini Group PT. Poso Energi masih memiliki beberapa database potensi energi listrik di beberapa sungai yang ada di Sulawesi, termasuk Sulawesi Tengah.  Selanjutnya distribusi jaringan listrik dari PLTA Poso akan terkoneksi pada jaringan PT. PLN (persero) Wilayah Suluttenggo dan Wilayah Sulselrabar.  Untuk wilayah Suluttenggo PT. PLN (persero) akan membangun gardu induk di daerah Parigi dan Donggala untuk mendistribusikan listrik ke masyarakat Sulawesi Tengah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: