Valentino Rossi legenda Motogp??…

 iwanbanaran in Motogp.

 

Murah senyum, pribadi yang karismatik serta gaya celebrasi unik untuk merayakan kemenangan adalah beberapa kelebihan dan ciri khas silegendaris. Kendati saat ini masih nyungsep belum menunjukkan tanda-tanda kompetitif untuk merebut juara dunia, bagi Motogp bukan sesuatu yang merisaukan sebab namanya sudah masuk dalam daftar pembalap legendaris yang akan dikenang sepanjang masa. Torehan prestasi yang diukir dan dicatat dengan tinta emas olah raga balap bergengsi dunia Motogp. Berikut beberapa fakta tentang Rossi…..

1. Sudah mampu menyamai Mike Hailwood dan Carlo Ubbiali lewat juara dunia 9 kali disemua kelas. Hanya Agostini yang unggul dengan 15 kali.

2. Kemenangan diAssen ditahun 2009 menjadikan doi pembalap kedua dalam sejarah yang mampu menyabet 100 kali podium satu disemua kelas. Saat ini Rossi mengoleksi 103 atau kalah 19 kemenangan dibanding Agostini yang mencapai 122 kali.

3. Rossi menjadi satu-satunya pembalap yang menorehkan kemenangan terbanyak dikelas premier. Record tersebut telah terpecahkan diIndianapolis 2008 silam (77 kali) mengalahkan Giacomo Agostini.

4. Rossi adalah satu-satunya pembalap yang mengoleksi kemenangan podium terbanyak dikelas Premier….lebih dari 100 kali.

5. Rossi adalah pembalap tersukses Yamaha setelah Kenny Robert. Ditangan Rossi pabrikan Iwata memenangi 44 kemenangan dari 102 balapan. Kenny Robert menempati posisi kedua (23 kali)

6. Rossi hanya satu-satunya rider yang menang setidaknya satu GP dalam 14 musim berturut-turut.

7. Ditahun 1997 Rossi menjadi pembalap termuda kedua menyabet juara dunia 125cc lewat pengumpulan 321 poin dan 11 kemenangan

8. Ditahun 1999 Valentino Rossi menjadi pembalap termuda dalam sejarah yang berhasil menyabet juara dunia 250cc

9. Dan ditahun 2001 Rossi bergabung dengan Phil Read menjadi pembalap yang mampu mengoleksi juara dunia 3 gelas berbeda yakni 125, 250cc, dan 500cc

10.  Setelah menjadi juara dunia 3 kali bersama Honda, Rossi pindah keYamaha dan langsung sukses memegang mahkota kejuaraan dipabrikan berbeda. Namanya disejajarkan dengan Eddi Lawson yang menang dikelas premier different manufacturers.

11. Rossi hanyalah satu-satunya pembalap dalam sejarah Motogp yang berhasil mengoleksi juara dunia kelas premier lewat mesin berbeda : 500cc-4 silinder mesin 2 tak (Honda NSR500), 990cc-5 silinder mesin 4 tak (Honda RC211v), 990cc-4 silinder mesin 4 tak (Yamaha M1), 800cc-4 silinder 4 tak (Yamaha M1).

So, The Doctor adalah pembalap modern yang mampu menumbangkan prestasi kakek buyutnya. Hanya Giacomo Agostini yang mengganjal laju Rossi untuk menjadi pembalap legendaris nomer satu sejak Motogp didirikan pada tahun 1960an silam. Sebuah raihan yang tidak mungkin bisa dicapai jika hanya mengandalkan kencang semata. Bakat, kecerdasan, skill adalah kombinasi brilian yang sulit ditandingi rider lain. Masih meragukan Rossi??. Fakta dan data berbicara brosis…..(iwb)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: