Pemerintah Mulai Bagikan Converter Kit BBG

 

 

Converter kit BBG Converter kit BBG

Jakarta, 18/06 (SIGAP) – Pemerintah terus melanjutkan rencana pengalihan konsumsi dari bahan bakar minyak ke bahan bakar gas. Oktober mendatang, alat pengubah (converter) dari bahan bakar minyak ke gas mulai didistribusikan. Untuk tahap awal, targetnya adalah kendaraan umum.

Demikian disampaikan oleh Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Evita Herawati Legowo kepada pers, Senin (18/06). Pada tahap awal pengadaan converter kit ini, menggunakan anggaran milik Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.  Kementerian ESDM telah menyiapkan anggaran sebesar Rp225 miliar untuk membeli 15 ribu unit converter kit yang harga satu unitnya Rp15 juta.

Alat ini akan didistribusikan setelah pemerintah selesai melakukan lelang terbuka dan memutuskan alokasi impor. Lelang pengadaan converter kit ini akan diikuti importir dari beberapa negara di antaranya Italia, India, dan Korea.

Dalam rencana pengubahan energi dari bahan bakar minyak ke gas, pemerintah menyiapkan 2 jenis bahan bakar gas yakni CNG (compressed natural gas) dan LGV (Liquid Gas for Vehicle).

CNG ditujukan untuk angkutan umum perkotaan serta daerah yang memiliki sumber gas alam berikut infrastruktur penyalurannya. Sedangkan LGV digunakan untuk angkutan umum di daerah yang tidak memiliki pasokan CNG, angkutan umum eksekutif, serta kendaraan pribadi. Untuk angkutan umum, converter kit CNG dan LGV akan diberikan secara gratis. ( lap har/pol) 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: