Khasiat Dan Manfaat Sirsak

Buah sirsak harus diperkenalkan kepada setiap generasi dalam keluarga Anda. Karena buah ini bukanlah buah pasaran yang mudah didapatkan di setiap pojokan rukun tetangga Anda. Namun, kesegaran dan kelezatan sirsak selalu mengundang rindu kepada mereka yang sempat menyantapnya. Bentuk buah ini memang kurang enak dilihat. Hijau gelap kecokelatan, bulat tidak beraturan, dan terdapat duri disekujur buah.

Asal buah ini dari Meksiko dan sebagian besar Amerika Selatan. Merupakan buah tropis yang memiliki sumber vitamin dan bahkan karbohidrat. Unsur yang memenuhi selengkapnya Vitamin, kalsium, zat besi, kalori, serat, protein, sodium, gula, karbohidrat, lemak jenuh tunggal dan ganda. Khasiat sirsak pun sangat banyak.

Namun, penggemarnya juga harus tahu takaran bila hendak mengkonsumsi buah ini, karena kandung annonacin yang tinggi, bisa menyebabkan Anda terkena resiko parkinson. Namun, selebihnya adalah manfaat yang banyak dari buah tropis ini. Di antara lain:

  • Sirsak tidak hanya buah lezat dan sehat tetapi digunakan sebagai sumber obat untuk mengobati penyakit mulai dari penyakit perut karena cacing.
  • Benih sirsak, memiliki sifat emetik, dapat digunakan dalam pengobatan mual dan muntah-muntah.
  • Rebusan daun sirsak efektif untuk membersihkan kutu kepala dan kutu busuk.
  • Daun segar sirsak yang dilumat, digerus dapat diterapkan pada kulit melepuh sebagai penyembuhan.
  • Jus buah sirsak bisa dipakai sebagai obat untuk uretritis, hematuria, dan penyakit hati.
  • Jus sirsak yang disantap ketika berbuka puasa, diyakini dapat meringankan penyakit hati dan kusta.
  • Untuk mempercepat penyembuhan luka, daging sirsak juga diterapkan sebagai tapal atau tuam yang tidak perlu diganti selama tiga hari.
  • Ramuan dari pucuk daun muda sirsak bisa menjadi obat bagi masalah kandung empedu, serta batuk, penyakit flu, diare, disentri, demam dan gangguan pencernaan.
  • Tumbukan daun sirsak juga digunakan sebagai tapal untuk meringankan eksim dan masalah kulit lainnya, dan pula rematik.
  • Kulit akar sirsak bisa digunakan sebagai penangkal untuk keracunan.
  • Bunga Sirsak juga diyakini bisa meringankan penyakit flu.
  • Rebusan daun digunakan sebagai kompres untuk kaki peradangan dan bengkak di bagian tubuh luar.

Mengingat, bukan hanya buahnya saja yang berkhasiat. Tidaklah merugikan dan merepotkan Anda yang memiliki lahan secukupnya untuk ditanami pohon ini. Di Indonesia, pohon sirsak mudah tumbuh cepat dan berbuah. Iklim Indonesia juga dianggap optimal untuk menumbuhkan buah ini.

Namun yang perlu Anda perhatikan adalah hati-hati terhadap hama serangga. Segala macam kebaikan dari sirsak, mengundang banyak hama serangga dan larvanya yang besar-besar berbulu lucu dan bisa membuat ibu, istri, dan anak perempuan Anda menjerit ketakutan.

indahnya berbagi,,,, salam!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: